Guru Untuk Peradaban Dunia

Resensi
Guru Untuk Peradaban Dunia
Penulis Haryanto

Rasulullah adalah pemimpin ulung dan manajer terhebat sepanjang sejarah kemanusiaan. Sisi kehidupannya sarat dengan hikmah yang dapat digali dari berbagai dimensi kehidupan.

Beliau bukan hanya seorang rasul, tapi juga seorang leader, manajer yang paling mumpuni, dan paling super di dunia ini. Khususnya dalam mengelola sumber daya manusia untuk mencapai visi dan misi kerasulan beliau, yaitu menjadi rahmat bagi semesta alam menuju kebahagiaan dunia dan akhirat.

Pengertian manajemen yang sesungguhnya, unsur-unsur manajemen yang dapat dikembangkan, prinsip-prinsip manajemen yang dikembangkan oleh Rasulullah dan perbedaan antara manajer dan leader yang dikelola oleh Rasulullah saat itu.

Beliau adalah sosok yang digambarkan sebagai tokoh yang memiliki manajer handal dan leadership yang kuat dalam arti untuk kemaslahatan kehidupan umat serta keseimbangan sistem semesta alam.

Seorang guru dapat mencontoh Rasulullah dalam mengelola murid-muridnya. Karena manajemen Rasulullah terbukti menghasilkan murid-murid yang luar biasa semisal Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali.

Seorang Jendral dapat mencontoh manajeman Rasulullah dalam melahirkan prajurit-prajurit yang hebat semacam Khalid bin Walid, panglima perang yang tiada tanding di medan perang sedangkan Usamah adalah panglima perang termuda berusia belasan tahun.

Seorang ilmuwan juga dapat mencontoh Rasulullah dalam melahirkan ilmuwan dan para pemikir ulung, semisal Umar yang terkenal dengan ijtihad-ijtihadnya yang berilyan. Abu Hurairah dengan kekuatan hafalannya dalam mengumpulkan hadits, dan Abdullah bin Umar, Abdullah bin Mas’ud dan Ibnu Abbas, Ali dan Aisyah yang merupakan ahli-ahli hukum kenamaan yang dimiliki Islam.

Manajemen Rasulullah memiliki keunikan dan menarik. Karena tugas beliau sebagai nabi dan rasul yang tidak dapat dipisahkan dengan tugas-tugas dakwah. Hal ini yang menjadikan gambaran bahwa Rasulullah memiliki agenda besar dalam dakwahnya. Bukan dilakukan secara kebetulan, semuanya dengan perencanaan.

SDM Rasulullah juga dapat dipetakan berdasarkan potensi dan kompetensinya. Ada yang potensinya tinggi namun kompetensinya randah. Atau kompetensinya tinggi tapi potensinya rendah. Atau yang paling parah, potensi dan kompetensinya sama-sama rendah namun ternyata Rasulullah dapat mengelola SDM tersebut sehingga menghasilkan yang terbaik.

Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana prestasi dan kinerja Rasulullah dalam mengelola proyek-proyek besarnya. Di mulai dari proyek perbaikan umat manusia, proyek rekrutmen kader, proyek pembinaan keluarga, dan proyek pembinaan kader yang dikaitkan dengan teori pengembangan karir pegawai.

Ilmuwan AS, Michael H Hart mengakui prestasi Rasulullah sebagai tokoh nomor wahid dunia. Beliau tidak saja berhasil mengembangkan Islam, namun juga membangun peradabannya hingga jauh melampaui peradaban Persia dan Romawi.

Cara Rasulullah mengelola SDM yang unik dan menarik membuat penulis ingin mengkorelasikan dengan teori-teori SDM sehingga dapat dijadikan acuan para HRD untuk dapat mengelola karyawan dan dapat menjadi sebuah konstribusi yang besar dalam membangun SDM muslim yang berkualitas menuju umat yang adil, makmur, dan sejahtera. Rena Anggraini/Erlan.

Judul Buku: Rasulullah, Way of Managing People
Penulis: Haryanto
Penerbit: Khalifa (Pustaka Al-Kautsar Group)
Cetakan Kedua
Tebal : 292 halaman

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post