Hobby : Menulis Itu Mudah

Oleh : Agung_P


Bagi sebagian orang, termasuk saya pekerjaan menulis itu merupakan pekerjaan yang berat. Awalnya tidak mudah menuangkan suatu ide kedalam sebaris kalimat, tapi karena tuntutan profesi yang mengharuskan membuat sebanyak mungkin tulisan, maka mau tak mau harus belajar cara menulis yang benar. Bagaimana supaya arti dari bacaan yang ingin disampaikan bisa utuh dan dimengerti oleh orang lain. Ada kiat-kiat khusus, berdasarkan pengalaman saya selama ini.
1. Anda menguasai betul materi yang akan anda tulis. Tanpa menguasai materi, tulisan anda menjadi dangkal dan kurang menarik untuk dibaca. Orang akan menilai, informasi ini ini terlalu umum, anak kecil juga tahu. Oleh karena itu dalam menuangkan ide. Biasakan berdikusi dengan diri sendiri, seperti layaknya anda berbicara dengan teman, seperti misalnya apakah kalimat ini cocok bila ditempatkan disini, atau apakah pembaca akan mengerti dengan maksud anda, penjelasan macam apa yang layak anda berikan. Pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang layak dijawab oleh anda sendiri.
2. Biasakan menggunakan bahasa yang baku, yang semua orang tahu dan mengerti dengan maksud anda, jangan hanya bahasa yang anda atau kelompok anda mengerti. Ini akan menimbulkan kebingungan bagi pembaca lain. Dan pergunakan Ejaan Bahasa Indonesia yang benar, ini akan menimbulkan kesan bahwa anda adalah individu yang sopan tahu tata krama.
3. Selajutnya usahakan bercerita dengan runut, artinya keterkaitan antara satu kalimat dengan kalimat lainnya. Sehingga terlihat benang merah didalamnya. Anda bisa menggunakan pola ide diawal tulisan atau dakhir tulisan, itu terserah selera anda, yang penting pembaca mengerti.
4. Usahakan tidak menggunakan bahasa yang bombastis. Apa yang anda anggap suatu hal yang luar biasa dan spektakuler barangkali akan dianggap wajar dan biasa bagi orang lain. Langkah antisipasi ini perlu supaya anda tidak kecewa.
5. Tempatkan diri anda pada orang lain, orang yang sekirannya akan membaca tulisan anda ingin mengerti dan dimengerti. Jadi barangkali lebih baik untuk mengerti lebih dahulu daripada dimengerti. Ini tentunya akan memberikan umpan balik yang positf bagi tulisan anda maupun anda pribadi.

Ulasan ini masih belum sempurna, anda bisa menyempurnakannya sendiri. Nilai positif yang saya peroleh dari kegiatan ini yaitu kemampuan dalam menuangkan ide melalui tulisan bertambah, jauh sebelum saya memaksakan diri untuk membuat sebuah tulisan. Nah, selamat mencoba !

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post