Pelabuhan Selatpanjang Kota : Selat Panjang

Pulau Tebing Tinggi yang merupakan lokasi dari Pelabuhan Selat Panjang merupakan daratan rendah yang sebagian wilayahnya masih terdiri dari daerah rawa–rawa dan hutan bakau. Pelabuhan Selat Panjang terletak di pantai utara pulau Tebing Tinggi di tepi selat Air Hitam Letak Pelabuhan : Koordinat 00° 00' 50” LU dan 102° 42' 36” BT Lego Jangkar : Koordinat 00° 00' 50” LU dan 102° 42' 36” BT Secara administratif berada di kabupaten Bengkalis Propinsi Riau.
Pantai sekitar Pelabuhan Selat Panjang cukup landai dengan dasar lautnya berlumpur. Alur pelayaran dari Utara ke Selatan, yang terletak diantara Pulau Bengkalis dan Pulau Rangsang dan masuk ke Selat Kungkung sukar dilayari karena sangat dangkal dan belum dilengkapi dengan rambu–rambu maupun pelampung suar.

Hinterlandnya menghasilkan komoditi hasil perkebunan tradisional, kelapa dan perikanan. Status Pelabuhan adalah Pelabuhan Umum yang diusahakan, Terbuka untuk perdagangan luar negeri, statuspandu adalah tidak wajib pandu, Kelas Pelabuhan adalah Pelabuhan Kelas IV.


Source : Indonesianship.com

Post a Comment

Please Select Embedded Mode To Show The Comment System.*

Previous Post Next Post